Waspadalah! Tren lempar sepatu bakal menimpa Caleg

Lempar sepatu sepertinya sekarang sedang menjadi tren baru aksi protes dalam dunia perpolitikan dunia. Setelah kasus pelemparan sepatu oleh wartawan Irak terhadap mantan presiden AS george w. bush, kini pelemparan kembali terjadi terhadap Perdana Menteri China Wen Jiabao. Kasus ini terjadi pada saat sang perdana menteri sedang berpidato di Universitas Cambridge, Inggris.

Perdana Menteri China Wen Jiabao dimaki dan dilempari sepatu oleh seorang demonstran di Inggris.Saat kejadian, Wen berpidato tentang ekonomi global di Cambridge University pada akhir kunjungannya di Inggris. Sang demonstran itu beranjak dari kursinya di bagian belakang auditorium kemudian bersiul dan meneriaki Wen sebagai diktator. Setelah itu barulah ia melemparkan sepatu ke panggung sambil berkata "Bagaimana bisa universitas ini melacurkan diri dengan diktator ada di sini, bagaimana Anda mendengarkannya".

Kasus-kasus seperti ini memang ada sebab musababnya. Seperti pelemparan terhadap Bush, kita juga semua tahu bagaimana kebijakan politik luar negeri Bush terhadap Timur Tengah yang telah menjadikan negeri Irak porak poranda akibat perang yang dilancarkannya. Jadi tidaklah heran mengapa ketika pidato farewell di Irak beberapa bulan lalu berakhir dengan pelemparan sepatu oleh salah seorang wartawan Irak. Ini merupakan bagian dari ketidakpuasan atau kekecewaan terhadap seorang pemimpin yang tidak adil dan diktator.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia?
Sampai saat tulisan ini diturunkan, alhamdulillah belum ada kasus protes dengan aksi pelemparan sepatu. Tapi melihat tahun 2009 ini sebagai tahun politik dengan adanya pemilu, peluang itu sepertinya ada. Apalagi masa kampanye biasanya banyak dari para juru kampanye (jurkam) mengobral janji dan jargon-jargon politik kepada massanya. Mungkin saja pada saat diskusi publik atau kampanye dialogis ataupun debat terbuka, bisa saja ada orang yang melempar sepatu terhadap salah satu jurkam atau calon legislatif maupun calon presiden dan cawapres.

Maka dari itu, kepada para caleg, capres, cawapres dan para jurkam untuk tidak banyak mengobral janji-janji politik. Waspadalah terhadap para pelempar sepatu. hehehehe..!!!

{ 4 comments... Views All / Send Comment! }

aulia87 said...

maka jih bek jeut keucaleg...
jaga-jaga sepatu manteng meuhan cit ngon silop jepang beh ta rhom

bocahbancar said...

Wah iyah nich Maz, bakalan jadi tren dech kayaknya he he he he...

ilham maulana said...

assalamualaikum tengku...
saleum meuturi...
link blog droe neuh kaleh lon peuduk bak blog lon di kategori link exchange... jet ta tuka link tengku...

fahmi said...

@aulia87 : yg mangat ngon tukoek u ta rhoem..wakkakaka

@bocahbancar : bkn hnya tren, tp tar lg bakal jd lifestyle..=))

@ilham maulana : wa'alaikumsalam tgk. kaleuh lon pasang link blog droneuh beuh. slam kenal jg euy.