Pemberlakuan Pakai Helm 2 Muka-Belakang

Beberapa waktu lalu (Minggu Pertama Januari 2009) Kapolda Nanggroe Aceh Darussalam Drs. Rismawan, MM menegaskan pemberlakukan pemakaian helm muka-belakang bagi pengendara sepeda motor. Pemberlakuan itu diikuti dengan sosialisasi dan rajia hampir setiap hari di Aceh, terutama di ibukota kota/kabupaten. Seperti yang terlihat beberapa waktu lalu di dalam wilayah Banda Aceh. Razia dilakukan di daerah jambo tape dekat dengan Kantor Poltabes Banda Aceh, biasanya dimulai dari jam 09.00 pagi sampai dengan jam 12 siang.

Dari pantauan saya selama ini razia emang ditargetkan untuk sosialisasi pemakaian helm muka belakang. Seperti cerita teman saya, ketika dia melintasi jalan Tgk. Daud Beureueh bersama istrinya, kebetulan teman saya ini memakai helm muka belakang,.yah jadi tidak di stop oleh polantas razia. Yang di stop hanya yang tidak memakai helm 2 muka belakang dan tidak memakai helm standar. Tidak tampak pemeriksaan surat-surat kendaraan pada saat razia, kalaupun ada itu hanya cuma beberapa orang saja. Intinya razia selama ini di banda aceh ditujukan untuk mensosialisasikan pemakaian helm 2(dua) muka belakang bagi para pengendara sepeda motor.

Selain itu, pemberlakuan pemakaian helm 2 muka belakang ini tidak hanya sebatas itu saja. Pihak Kepolisian juga mensosialisasikan helm stantar atau helm yang pantas untuk dipakai. Kemarin saja di wilayah Aceh Timur sudah disita helm batok atau helm baneng atau apalah namanya, dari para pengendara sepeda motor pada saat razia.

Pengalaman saya di tahun 2005 tidak memakai helm berakibat fatal. Saya harus dilarikan ke UGD gara-gara kecelakan ditabrak oleh Mobil (melarikan diri) dan mengalami pendarahan yang hebat. Luka yang saya alami di bagian kening, dan itu akibat dari tidak pakai helm. :D

Jadi bagi teman-teman smuanya yang mengendarai sepeda motor, sudah sebaiknya dan sepantasnya untuk menggunakan helm standar, dan bagi yang yg berdua-duaan jangan lupa memakai helm 2 depan-belakang.

Pemberlakuan ini patut kita dukung bersama, karena dengan mentaati pemberlakuan tersebut, keselematan (safety) dalam berkendaraan pun dapat terjamin. Jadi tidak perlu bergaya dengan tidak memakai helm karena hanya alasan ingin memperlihat diri bahwa anda ganteng atau antum cantik. Pakailah helm...!

{ 3 comments... Views All / Send Comment! }

Anonymous said...

nyan baroe manda aceh, jakarata punya buat safety.

Anonymous said...

Ha..ha, Aku dah pernah kena gara-gara gak pakek helm standard. Polisinya tahan stnk dan sim, terus disuruh cari helem standard baru dikasih belak helm nya. Tapi helm aku yang gak standard dimabil buat dia.

Anonymous said...

hahaha.,sereng2 aja om pake helm baneng. :))