Bangsa yang Latah, Pelantikan Presiden Negara lain pun sibuk

Beberapa jam yang lalu Presiden AS yang ke 44 telah dilantik. Dihadiri ribuan warga AS, pelantikan berjalan dengan lancar dan aman. Inilah presiden pertama AS yang berkulit hitam atau warga keturunan Afrika sepanjang sejarah AS.

Acara pelantikan ini ternyata telah ditunggu-tunggu masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia sendiri stasiun-stasiun tv telah jauh-jauh hari mengiklankan acara pelantikan presiden AS ini. Dengan dipandu pembawa acara dan pembicara-pembicara yang tidak asing lagi, sepertinya stasiun-stasiun tv tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan "nilai lebih" dari acara tersebut. Entah apa yang didapatkan dari pembahasan acara pelantikan itu. Maklumlah, saya sendiri sebagai orang awam tentang politik hubungan internasional kurang tahu masalah-masalah seperti ini.

Barack Obama, sang presiden AS ke 44 ini memang telah menyedot perhatian masyarakat dunia sejak pencalonannya sebagai presiden sampai terpilih menjadi presiden AS yang ke 44. Ada beberapa hal yang menarik dari Obama, yaitu terletak dari gaya pidatonya yang tegas dan berwibawa. Dan yang tidak bisa dipungkiri karena dia lahir dari keturunan warga kulit hitam.

Sebenarnya apa sih hebatnya nyiar-nyiar langsung pelantikan si Obama? Mank ada untungnya apa bagi warga Indonesia. Paling yang untung keluarga si Obama yang di Indonesia, jadi mereka makin terkenal. Aneh memang bangsa Indonesia ini, penyakit latahnya kumat lagi. Padahal dulu-dulu gak ada siaran langsung pelantikan presiden negara lain. Atau karena Obama membawa semboyan KAMI INGIN PERUBAHAN? saya pikir tidak. Kalau hanya itu, spanduk caleg provinsi NAD saja semboyannya juga seperti itu. Kira-kira bunyinya seperti ini, saatnya Aceh berubah. Berarti kan sama saja tuh ama yang dibilang Obama. :)) Beginilah kondisi bangsa yang latah, asik mikir pelantikan Obama, sosialisasi Pemilu 2009 saja kurang bergema dan kalah gaungnya dengan acara pelantikan Obama. Padahal pemilu tinggal 3 bulan lagi.

Bagi warga masyarakat dunia maya, apa keuntungannya buat status tentang obama..nonton acara pelantikan pun buat status di YM...emang Obama bakal nyediain internet gratis yang serba wah di aceh. hahahahaha..
lagi-lagi ini menunjukkan kelatahan bangsa ini. Segala lini telah terhipnotis si Obama. Tak terkecuali para cyber mania dunia maya.

{ 4 comments... Views All / Send Comment! }

Anonymous said...

Itulah ciri-ciri negara kalah atau negara yang lemah. Selalu latah dengan urusan negara orang lain. Kalau negara kuat, mana peduli mereka dengan pidato presiden negara lain. Contoh lainnya juga adalah halaman olah-raga di media-media masa Indonesia penuh dengan berita sepak bola dari luar negeri. Coba periksa koran terbitan Australia, apa mereka pernah memberitakan aktifitas olahraga negara lain. Jarang-jarang sekali. Mereka lebih bangga dengan berita-berita olahraga dari negara mereka sendiri.

fahmi said...

yups, saya spakat dgn anda om wiemasen :D

@firmansm said...

yup, setuju
kita suka ngikut-ngikut yang gak tahu tujuannya
"belo melu seton" kata orang jawa
pantes aja banyak orang jadi artis gara-gara latah
atao emang sengaja dibuat latah?

salam kenal,
http://firman.web.id

fahmi said...

wah, apaan tuh mas belo melu seton? :D ga ngerti saiah..heheh

emang latah org kita mas...:)) k ga caya cb aja gelitiin kwn mas..wakakaka