Sejarah Terbentuknya Aceh Blogger Community (ABC)

1 November 2008, usia Aceh Blogger Community (ABC) genap 1 (satu) tahun. Sekilas mereview kembali bagaimana perjalanan terbentuknya ABC.

Berawal dari seringnya saya melihat dan mengunjungi komunitas blog daerah-daerah lain yang sudah duluan memiliki komunitas bloggernya, muncullah ide untuk mewujudkan komunitas blogger Aceh. Sebelumnya, pada saat itu sudah banyak putra-putri Aceh yang sudah memiliki blog, namun belum ada suatu wadah yang menaunginya. Maksud dan tujuan dari adanya komunitas ini yaitu untuk mempersatukan blogger-blogger dari tanah rencong, bisa saling bertukar informasi dalam segala bidang, baik itu informasi mengelola blog dengan baik, informasi mengenai Aceh maupun informasi umum lainnya. Siapapun bisa melihat dan mengetahui Aceh lebih mendalam, tentunya dari sudut pandang yang berbeda, dengan bahasa blogger. Selain itu juga mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan dunia blog serta mampu mengangkat nama Nanggroe Aceh Darussalam.
Lalu ide ini coba saya kemukakan dengan bro fadhli idris pada saat ngopi bareng dan juga dengan bro Aulia (via chatting). Karena mereka berdua ahlinya dalam bidang web dan desain. Akhirnya bro Aulia menuangkan ide ini dalam bentuk desain banner di komunitas acehforum, sedangkan bro fadhli mempersiapkannya dalam bentuk domain untuk web ABC. Pembahasan membuat ABC ini tidak hanya via chatting saja, namun juga kami lakukan via acehforum melalui thread ini.
Pada awalnya kami membuat ABC dengan nama BACE (http://bace.wordpress.com). Kemudian berganti lagi dengan alamat http://bace.phpnet.us. Memang pada saat itu sepertinya kami tidak sabar untuk langsung mewujudkan dengan nama domain yang cocok, sampai pada satu waktu bro Fadli menawarkan nama domain yang cocok untuk ABC. Nama domain yang ditawarkan yaitu www.acehblogger.org, aceh-blogger.org, blogger-aceh.org, bloggeraceh.org, dan aceh-blog.org. Gayungpun bersambut, bro montir a.k.a Muhammad Ridha menawarkan hosting di montirhost. Akhirnya disepakatilah alamat web ABC dengan nama domain www.acehblogger.org. Setelah masalah hosting dan domain clear, kemudian bro montir langsung menginstall agregator blog dengan memakai planet.
Sekarang ABC terus berkembang seiring juga dengan semakin bertambahnya para blogger aceh yang bergabung ke ABC. Selain itu, ABC juga memiliki sarana diskusi lainnya antar sesama member, yaitu melalui mailing list dengan alamat http://groups.yahoo.com/group/acehblogger/.
1 November, lalu menjadi hari jadinya Aceh Blogger Community (ABC). Setiap tanggal 1 November bagi para blogger Aceh dijadikan sebagai ACEH BLOGGER DAYS.
MET HARI JADI ACEH BLOGGER COMMUNITY...semoga para blogger Aceh dengan blognya memberikan kontribusi nyata demi majunya dunia pendidikan Aceh.

Ini ada oleh-oleh ABC tahun lalu dengan alamat domain http://bace.phpnet.us/. Tapi yang pertama dengan alamat http://bace.wordpress.com ga ada neh. :D


{ 4 comments... Views All / Send Comment! }

Fadli Blog's said...

Mantap bro sejarah nya Aceh Blogger, Maju terus ABC

Boy & Ian said...

maju trus blogger aceh..

Baka Kelana said...

Mantap Tgk

moga ABC tambah sukses

Aulia said...

ternyata bace kita dulu sudah tiada...