Tips Mencegah Penularan Virus via USB Flashdisk

Makin maraknya pengguna USB Flashdisk (UFD) menjadikan para pembuat virus memanfaatkan media UFD ini untuk menggandakan virus buatannya tersebut, sebut saja virus Brontok yang populer dikalangan masyarakat Indonesia, Berikut beberapa tips untuk menghindari penularan virus melalui UFD :

Matikan fasilitas Autorun / Autoplay
Kebanyakan virus memanfaatkan fasilitas Autorun untuk mengaktifkan dirinya pada UFD yang sudah tertular virus, untuk menonaktifkannya Anda dapat menggunakan :

* Microsoft Power Toys (Tweak UI)
Adalah aplkasi dari Microsoft untuk merubah berbagai konfigurasi Windows XP, salah satunya untuk mematikan fasilitas Autorun tersebut. Caranya, setelah Anda mendownload Microsoft Power Toys, Anda dapat menginstall aplikasi tersebut dengan mengikuti petunjuk di layar, Setelah selesai install Anda dapat menjalankannya. Pada panel sebelah kiri jendela aplikasi ini pilih MyComputer, lalu pilih Types. Kosongkan kotak disamping Enable Autoplay for removable drives, lalu klik Apply. Kalau mau Anda bisa juga menonaktifkan Enable Autoplay for CD dan DVD Drives.

* Mengedit Group Policy.
Pada versi Windows lain kita dapat mengedit Group Policy untuk menonaktifkan autorun. Klik Start > Run, lalu ketik GPEDIT.MSC. Di pohon Local Computer Policy (panel sebelah kiri) buka Computer Configuration > Administrative Templates > System. Di kolom sebelah kanan (kolom policy) klik Disable Autoplay. Ubah setelan dari Not Configured ke Enabled, lalu dibawahnya ubah Disable Autoplay on ke All drives. Klik Apply. Kembali di panel kiri buka User Configuration > Administrative Templates > System, lalu klik Disable Autoplay. Lakukan hal yang sama seperti diatas.

Memasang Antivirus
Cara yang paling mudah adalah memasang Antivirus yang memeliki fasilitas Live Protection, dan mengupdate database virusnya secara rutin.

{ 2 comments... Views All / Send Comment! }

Baka Kelana said...

Wah...tip bagus nich...mantrap

fahmi said...

yups..emang mantrap bro...heuhuehue :D
thanks yapp udah ngunjung ke blog saiah. :)
salam kenal.