Bulan Ramadhan = Bulan Ujian

Alhamdulillah, udah 2 hari kita umat Islam menjalankan puasa di bulan ramadhan tahun ini. Tentunya kita punya cara masing2 dalam menghidupkan ramadhan ini. baik secara pribadi, jamaah, pagi, siang maupun di kala malam.
Selama ini banyak dari penceramah2 atau da'i 2 yang mengatakan bahwa bulan ramadhan adalah bulan latihan. Aq teringat pada puasa ramadhan tahun lalu, dimana penceramah di tempat kami mushalla dusun utara kopelma darussalam banda aceh yaitu ust. M. Natsir jamil (Anggota DPR-RI dari FPKS NAD) mengatakan bahwa selama ni telah terjadi paham yang salah, bukan kesalahpahaman.
Paham apa yang salah???
yaitu paham yang mengatakan bahwa ramadhan itu adalah bulan latihan. aq sendiri jg pd awalnya masih berpikir bahwa bulan ramadhan itu merupakan bulan latihan.
beliau mengatakan, bahwa bulan ramadhan merupakan bulan ujian. kenapa?
karena klo kita (umat Islam) menganggap ramadhan itu sbg bulan latihan, maka yg akan terjadi adalah ramadhannya hanya dijadikan sbg latihan ato uji coba ato sekedar coba2. puasanya setengah2, ngajinya kadang ada, kadang jg gak, beribadahnya tidak serius. napa?
ya karena itu, krn menganggap paham yg tadi itu, bulan ramadhan sbg bulan latihan. jadi sesuatunya dianggap sbg latihan aja.
nah,,inilah yg perlu diluruskan. Yang patut dijadikan sbg bulan latihan adalah 11 bulan sebelum ramadhan datang. Dalam 11 bulan itu kita pasti skali2 ato terkadang pernah puasa sunnah2 lainnya, ato jg ngaji kadang hari ni ada, besok gak. itu bisa dikatakan sebg latihan. nah ketika ramadhan datang, kita telah siap dgn ibadah2 yg dulunya pnh kita kerjakan. jadi pendalamannya ya waktu ramadhan tiba.
seperti jg siswa ato mahasiswa, pada semester ganjil maupun genap, misalnya 5 bulan pertama itu kita masuk sperti biasa yaitu masa belajar, kadang jg ga masuk, ada PR/tugas kadang kita ga buat, dan lain2. nah ketika tiba masa ujian semester, kita udah mulai serius. Dalam arti kita tidak bisa main2 lagi. karena kita tidak mo gagal dalam ujian ini. mereka yg dulunya jarang masuk, jarang buat PR/tugas, sekarang pun ketika masa ujian tiba udah tidak main2 lagi. Tujuannya yaitu agar dapat nilai yang bagus dan lulus.
Disinilah letak bedanya antara latihan dan ujian. Tapi keduanya tidak bisa dipisahkan. keduanya memiliki saling keterkaitan.
Latihan yg matang, akan memperoleh hasil yang matang pula dikala ujian.
Bulan Ramadhan merupakan bulan ujian. ujian di dalamnya yaitu kita memiliki tujuan yaitu memperoleh TAQWA.
"Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu,supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (S.al-Baqarah:183)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }