6 Perilaku Utama Alumni Ramadhan

www.fadhlulfahmi.blogspot.com
image: fanpage IloveAllaah.com
Ramadhan 1433 H telah berlalu. Sungguh beruntung orang-orang yang benar-benar memanfaatkan bulan Ramadhan dengan memperbanyak amalan-amalannya. Selain menjalankan ibadah-ibadah wajib, dia menghidupkan malamnya dengan Qiyammul Lail, membaca Al-qur'an, sedekah, infaq, zakat fitrah, sampai dengan ibadah Iktikaf. Karena tujuan dari puasa ramadhan itu sendiri adalah untuk memperoleh titel Taqwa (QS. Al-Baqarah 183).

Namun kita jangan hanya menjadi hamba yang beribadah untuk ramadhan saja. Masih ada 11 bulan yang lainnya yang kita harus tetap beribadah kepada ALLAH. Karena apabila kita hanya beribadah di bulan ramadhan secara sungguh-sungguh saja, berarti kita telah menjadi hamba ramadhan, karena diluar itu ibadah kita jadi tidak serius dan malah jadi menurun. Oleh sebab itu jadilah hamba ALLAH yang benar-benar beribadah karena ALLAH Swt, yang waktunya terus berlangsung selama 12 bulan penuh.

Mengutip pendapat dari Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS (Republika, Rabu 22 Agustus 2012), ada 6 (enam) perilaku utama alumni ramadhan. Keenam perilaku utama itu adalah:

pertama, orang yang telah berpuasa selalu sabar dan ulet dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan yang baik;

kedua, berusaha untuk selalu jujur dan amanah;

ketiga, berusaha menjadi orang yang disiplin dalam berbagai hal;

keempat, selalu berinfak dan bersedekah;

kelima, menjadikan istighfar (mohon ampun) sebagai pakaian keseharian;

keenam, membudayakan amal jama'i (mengerjakan ibadah secara berjamaah).


Image: ustadchandra.wordpress.com

Semoga kita termasuk alumni ramadhan yang memiliki perilaku-perlilaku seperti di atas dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin.


{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

kumpul said...

Semoga ibadah ramadhan kita kemaren berhasil dengan sukses.. btw Salam kenal ya